BNPB: Update Korban Meninggal Gempa Sulbar 46 Orang

BNPB: Update Korban Meninggal Gempa Sulbar 46 Orang
INT

KabarMamuju.com -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan korban meninggal dunia akibat gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) per Sabtu 16 Januari 2021 sebanyak 46 orang.

BNPB melalui Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana Raditya Jati mengatakan jika kebanyakan korban meninggal dari Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat. Tercatat jika di mamuju ada 37 orang meninggal dan di Kabupaten Majene ada 9 orang meninggal akibat gempa berkekuatan 6,2 SkalaRichter (SR) pada 15 Januari 2021.

"Empat wilayah terdampak gempa Sulawesi Barat berdasarkan peta sebaran populasi di area III-VI MMI yaitu Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamasa, dan Kabupaten Polewali Mandar," ujarnya dikutip dari rilis BNPB.

Untuk Kabupaten Mamuju ada sekira 2 ribu warga mengungsi di beberapa lokasi, bahkan hingga berada di perbukitan. Tak hanya itu di Mamuju ada 189 orang mengalami luka berat yang sedang dirawat inap. 

Informasi yang diterima jika Pemerintah menyediakan 5 titik pengungsian di Kecamatan Mamuju dan Kecamatan Simboro.

Sementara di Kabupaten Majene, sekira 15 ribu warga mengungsi. Mereka disebar dalam 10 titik pengungsian yakni Desa Kota Tinggi, Desa Lombong, Desa Kayu Angin, dan Desa Petabean.

Lalu di Desa Deking, Desa Mekata, Desa Kabiraan, Desa Lakkading, Desa Lembang, Desa Limbua di Kec. Ulumanda dan Kec. Malunda serta Kec. Sendana

Bahkan di Majene sendiri 826 orang tercatat luka-luka akibat gempa, per Sabtu sore. Rinciannya, 12 orang mengalami luka berat, 200 orang dengan luka sedang, dan 425 orang luka ringan.

Hingga saat ini, BNPB terus melakukan pendataan bagi warga yang terdampak gempa yang terjadi di Sulawesi Barat.

Penulis : Muh Rizaldy

Editor : Fritz Wongkar

Kabar Serupa :
Tim Phyton Ringkus Pelaku Curnik di Mamuju
Kabar Mamuju

Tim Phyton Ringkus Pelaku Curnik di Mamuju

28.02.2021 - 07:41
Andi Ruskati Lantik Tiga Ketua TP. PKK Kabupaten
Kabar Mamuju

Andi Ruskati Lantik Tiga Ketua TP. PKK Kabupaten

26.02.2021 - 07:32
Data Rampung, Warga Dayanginna Mengeluh
Kabar Mamuju

Data Rampung, Warga Dayanginna Mengeluh

25.02.2021 - 03:51
Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA