Berikut Penyebab Kericuhan di DPRD Mamuju

Berikut Penyebab Kericuhan di DPRD Mamuju
Suasana Rapat di DPRD Mamuju berakhir ricuh(Foto: Screen Video Yang Beredar)

KabarMamuju.com -- Rapat Dengar Pendapat (RDP) Badan Anggaran dan Komisi I DPRD Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), berakhir ricuh,Rabu(13/1)

Kericuhan tersebut bermula saat beberapa peserta RDP mempertanyakan tujuan dari pertemuan tersebut, karena hari sebelumnya juga telah dilakukan pertemuan Selasa, 12 Januari 2021 kemarin.

"Bukannya, pertemuan kemarin sudah memiliki kesimpulan bahwa Pilkades belum bisa dilakukan dalam waktu dekat ini mengingat belum adanya kejelasan anggaran," kata beberapa peserta RDP dalam video berdurasi dua menit 53 detik yang beredar di WAG, Rabu 13 Januari 2021.

Namun, salah seorang anggota DPRD Mamuju, Mervie Parasan dari Fraksi Hanura, seakan menantang peserta yang mempertanyakan tujuan dari pertemuan tersebut sehingga keadaan memanas yang berujung kericuhan dan saling tunjuk.

"Saya pasti akan melawan kalian, saya ini laki-laki dan saya tidak pernah sedikitpun takut sama kalian," kata Mervie Parasan.

Emosi peserta RDP terpancing saat Mervie Parasan menyinggung soal Pilkada Mamuju 2020 pada pembahasan Pilkades.

Masram Jaya anggota DPRD Mamuju dari Fraksi PAN mengatakan, pemicu kericuhan tersebut adalah salah satu anggota DPRD Mamuju Mervie Pasarasan yang keluar dari substansi  rapat  menyinggung soal Pilkada.

"Menghubungkan proses Pilkades ini dengan Pilkada seolah-olah ada upaya untuk menunda tahun ini pilkades dan dilaksanakan setelah Bupati terpilih di lantik," kata Masram.

"Yang kami tidak terima itu menyinggung nama ibu Sutinah, tadi dia bilang, ya kalian saya tahu menunnggu ibu Sutinah di lantik," ungkapnya.

Ia menambahkan,hal tersebut di anggap telah keluar dari substansi rapat sehingga menurut Masram itu tidak dapat di biarkan .

"Menurut saya saudara Mervie ini emosional menyikapi dinamika rapat proses tahapan Pilkades," ujarnya.

Selain itu ada lontaran bahasa yang di keluarkan Mervie yang kurang mendidik."ada bahasa yang dia keluarkan bahwa meski sendiri saya tidak takut siapa pun," imbuhnya.

RDP Banggar dan Komisi I DPRD Mamuju membahas tentang pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Mamuju dan membicarakan anggaran pelaksanaan Pilkades tersebut.

Diketahui bahwa sebelumnya, Selasa 12 Januari 2021 kemarin, Komisi I DPRD Mamuju bersama OPD terkait sudah melakukan RDP terkait Pilkades yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Mamuju, Syamsuddin Hatta dan sudah  melahirkan beberapa poin rekomendasi, namun hari ini Ketua DPRD Mamuju kembali mengagendakan RDP dengan pembahasan yang sama.

Penulis : Muh Rizaldy

Editor : Redaksi

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA