Pekan Ini Harga Cabai Mengalami Kenaikan

Pekan Ini Harga Cabai Mengalami Kenaikan
pemantauan harga yang dilakukan Disdag Mamuju (Foto: Muh Rizaldy)

KabarMamuju.com – Pekan ini sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga. Hal tersebut berdasarkan pantauan harga yang dilakukan Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju yang melakukan pantauan kepada sejumlah pedagang di pasar.

Pekan lalu, harga cabai keriting Rp.40.000 sementara pekan ini naik menjadi Rp.45.000, sementara harga cabai rawit Rp.40.000, pekan ini naik Rp.48.000.

Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju, Assyabri Rusli mengatakan, Kemungkinan hal ini di pengaruhi pergantian tahun kemarin, karena para pedagang  pada umumnya mengalami pasokan yang sedikit berkurang dari biasanya.

“Ada juga yang bilang kemungkinan panen berkurang akibat musim hujan,”katanya Senin malam,(4/1).

Lebih lanjut Assyabri mengungkapkan bahwa dalam monitoring harga dan stok Bahan Pokok pekan ini terfokus harga kedelai. “karena berita yang beredar kedelai naik hingga 100% di jawa, namun pantauan kami ke beberapa pedagang dan pengusaha tempe dan olahan kedelai, masih sangat stabil,” ungkap Assyabri.

Dari hasil pemantauan, harga cabai keriting dan cabai rawit pekan ini mengalami kenaikan harga, perkiraan harga kembali nirmal pekan depan.

“Utamanya cabai besar dan cabai rawit, dalam minggu ini harga agak tinggi, kalau pasokan kembali normal minggu depan, harga juga akan stabil atau paling tidak turun dari harga minggu ini,” ujarnya.

Ia berharap agar semua kebutuhan pokok utamanya yang mengalami kenaikan kembali stabil dan stok juga tetap aman.

“Kita akan terus melakukan pemantauan baik itu dikota mamuju maupun di Kecamatan-Kecamatan, kita tetap berharap agar kedepan semua kebutuhan pokok utamanya yang mengalami kenaikan kembali bisa stabil dan stok juga tetap aman,” tutupnya.

 

Penulis : Muh Rizaldy

Editor : Redaksi

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA